Makam Wali Penuh Karamah Kyai Mursyidi di Kotaanyar Probolinggo

berDigit; Di Kotaanyar Probolinggo terdapat tempat ziarah yang sudah dikenal oleh para peziarah dalam dan luar kota. Bukan untuk meminta kekayaan atau perbuatan syirik yang menyimpang dari ajaran agama islam.

Tujuan para peziarah ini merupakan salah satu bentuk penghormatan atau penghargaan kepada hamba hamba yang berjasa dalam penyebaran agama islam khususnya daerah probolinggo dan wilayah tapal kuda pada umumnya.

Makam Wali Kyai Mursyidi al-Karamah

Makam atau Astah Kyai Mursyidi al-Karamah Nama asli Arsyad bin Ardan Selengkapnya Haddratil Marhum Shohibul Fadhilah asy-Syekh al-Hajj Mursyidi bin Ardan al-Faituni al-Irsyad al-Karamah (bahasa arab: حَضْرَةَاَلْمَرْحُوْمِ صَاحِبُ اَلْفَاضِلَةْ كِيَاهِي اَلْحَاجِ مُرْشِدِي بِنْ أَرْدَانْ ; Lahir 1886 M Wafat pada pada 1968 M.) adalah ulama’ besar Probolinggo yang berpengaruh dalam penyebaran ajaran islam di wilayah Tapal Kuda pada masanya. Ia adalah pendiri Pesantren Al Irsyad Kresek dan Masjid Al Karomah di desa sambirampak Kidul, Kecamatan Kotaanyar, Kabupaten Probolinggo, Disamping itu ia Juga terkenal karena kekaromahannya terutama saat menentang Pemerntah Kolonial Belanda pada Masa Penjajahan.


Selain dikenal sebagai ulama’ Sufi, Ia juga dikenal dengan pemikirannya tentang Islam di Nusantara ini. Dalam Pandangannya, Islam di Nusantara ini adalah suatu wujud empiris islam yang dikembangkan di Nusantara setidaknya sejak dulu yaitu mulai abad 16 sebagai hasil interaksi, kontekstualisasi, indigenisasi, interpretasi, vernakularisasi, terhadap ajaran dan nilai islam yang universal, yang sesuai dengan realitas sosio kultural indonesia. 

Alamat lengkap makam Kyai Mursyidi Jl. K.H. Mursyidi Kompleks Masjid Al Karomah Dusun II (utara) RT 21 RW 07, Desa Sambirampak Kidul, Kecamatan Kotaanyar, Kabupaten Probolinggo Jawa Timur. (berDigit)



Posting Komentar

0 Komentar